Artikel

Tanya Jawab Bagaimana Meditasi Transcendental Dapat Mengatasi Stress

Saturday, 05 March 2011 05:04 Rianto
Print PDF

 

T : Saya sering mendapat stress disebabkan sesuatu yg tidak berhubungan dengan orang lain, misalnya berbicara di hadapan orang banyak atau jika mempunyai deadline.
Dapatkah Meditasi Transcendental membantu ?

J : Tidak ada stress-meter, alat atau standar untuk mengukur tingkat stress. Apa yang orang anggap sebagai stress adalah stress untuk orang tersebut, tidak masalah apakah orang lain akan menganggapnya sebagai stress juga atau tidak. Dan kerentanan terhadap stress sangat tergantung pada fisiologi anda. Dengan melakukan Meditasi Transcendental secara teratur, maka toleransi atau daya tahan terhadap stress akan meningkat, hamper sama seperti vaksin stress.

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di http://www.doctorsontm.com/popups/research/reduced_stress_faster_recovery.html

T : Apakah ada penelitihan yang menunjukkan efek ini?
J : Banyak penelitihan yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa Meditasi Transcendental adalah program yang efektif dalam mengurangi stress, kecemasan, depresi dan bahkan gejala penyakit stress akibat suatu trauma. Anda dapat menganggap stress sebagai rangkaian kesatuan dari level yang terendah dari stress sampai penyakit stress akibat trauma. Meditasi Transcendental sudah dibuktikan sangat efektif untuk mengatasi semua spektrum ini.

Last Updated on Sunday, 13 March 2011 12:01 Read more...
 

Tanya Jawab mengenai Meditasi Transcendental

Saturday, 05 March 2011 03:57 Rianto
Print PDF

 

Apa itu Meditasi Transcendental ?

Meditasi Transcendental adalah suatu teknik mental yg sederhana, alami dan tanpa usaha yg dilakukan dengan duduk nyaman dan mata tertutup selama 15-20 menit pagi dan sore.

Kenapa Meditasi Transcendental dikatakan unik ?

Meditasi Transcendental adalah teknik yg unik karena kesederhanaan yang alami, tanpa usaha dan keeffektifannya untuk mengembangkan semua aspek kehidupan. Sama seperti menyirami akar dari suatu pohon untuk memberi aspek kehidupan terhadap semua bagian pohon tersebut (ranting, batang, daun buah).

Kenapa Meditasi Transcendental dikatakan bersifat Universal ?

Sudah lebih dari 6 juta orang dari berbagai kebudayaan, agama, dan latar belakang pendidikan yg berbeda-beda yg belajar Meditasi Transcendental. Karena itu Meditasi Transcendental dikatakan bersifat Universal, siapapun anda, apapun agama anda, apapun budaya anda, apapun latar belakang pendidikan anda, anda semua dapat mempelajarinya.

Apakah Meditasi Transcendental merupakan suatu filosofi atau agama ?

Meditasi Transcendental bukan merupakan filosofi, bukan merupakan agama dan tidak membutuhkan kepercayaan, tingkah laku atau gaya hidup. Tidak ada usaha yg dibutuhkan untuk mempelajari, dan secara mudah dapat dipelajari oleh semua orang.

Last Updated on Tuesday, 12 April 2011 16:45 Read more...
 

Meditasi Transcendental rahasia dibalik “Malas Tapi Sukses” ?

Saturday, 05 March 2011 03:54 Rianto
Print PDF

 

 

Beberapa hari yang lalu saya menemui beberapa orang. Mereka mengatakan ingin belajar Meditasi Transcendental. Setelah saya tanya tahu dari mana mengenai Meditasi Transcendental, mereka mengatakan bahwa mereka baru saja membaca buku “Malas Tapi Sukses” karangan Fred Gratzon.

“Malas Tapi Sukses” ? Hemm... suatu judul buku yang tidak lazim, yang berbau kontroversi. Bagaimana mungkin seseorang yang malas bisa menjadi sukses? Beberapa pikiran pertama yang ada di kepala saya adalah “Wah pengarang yang ngawur.. “ “Mana mungkin ...??” “Kok bisa....?” “Buku apaan tuh...?” Akhirnya dengan berbagai pertanyaan di kepala, saya cari buku tersebut di Gramedia. Ternyata buku tersebut termasuk buku yang laku keras, dari beberapa toko buku Gramedia yang saya datangi semuanya bilang buku tersebut sudah habis terjual. Setelah tanya di “customer service”, saya mendapatkan informasi bahwa hampir di semua toko buku Gramedia di sekitar tempat saya, sudah habis terjual. Toko buku Gramedia yang masih menjual buku tersebut hanya di Grand Indonesia, itu pun hanya tinggal 12 buah. Ternyata buku ini memang termasuk kategori “International Best Seller”, pantas susah sekali mendapatkannya.

Singkat cerita, saya akhirnya bisa membeli buku “Malas Tapi Sukses”. Ternyata memang buku yang menarik, suatu buku yang mengubah pandangan hidup saya. Suatu buku yang banyak menggajarkan filosofi yang tidak pernah terpikir oleh saya sebelumnya, tidak pernah terpikir oleh orang banyak, dan mungkin juga termasuk anda.

Salah satunya adalah kita selalu di-doktrin bahwa kerja keras adalah kunci menuju kesuksesan, kekayaan dan kemakmuran. Ternyata bahwa ini TIDAK BENAR. Berikut cuplikan dari buku tersebut :

Jika kita melihat statistik yang menerangkan hubungan kerja keras dengan uang yang diperoleh, kita akan melihat bahwa makin keras dan makin berat pekerjaan yang dilakukan, makin sedikit upah yang diperoleh. Sebaliknya, ketika usaha berkurang, keberhasilan (jika diukur dengan uang) justru makin meningkat

Jika orang digaji berdasarkan keras dan beratnya kerja yang harus dia lakukan untuk menyelesaikan suatu hal, maka pekerja kasar akan menjadi orang yang paling kaya di masyarakat.

Hal ini ternyata memang benar dan terbukti, pernahkah kita melihat seorang pekerja kasar (misal : kuli bangunan, yang kita tahu kerjanya paling keras, bahkan mungkin di malam hari masih bekerja) adalah orang yang kaya dan sukses? Jawabannya adalah tidak pernah dan tidak akan pernah ada.

Kesimpulannya, kita harus menggunakan otak untuk membantu diri kita agar sedikit bekerja dan akhirnya bisa tidak bekerja sama sekali.

 

Last Updated on Monday, 08 August 2011 16:57 Read more...
 

Mengapa saya tidak bisa mempelajari Meditasi Transcendental melalui buku atau CD ?

Saturday, 05 March 2011 03:51 Rianto
Print PDF

Meditasi Transcendental hanya bisa diajarkan perorangan oleh seorang guru Meditasi Transcendental yg bersertifikat dan sudah terlatih. Meskipun proses pengajaran Meditasi Transcendental sangat sistematis – yang mana menjamin kefektifannya dan membuat teknik ini sangat ideal bagi penelitian ilmu pengetahuan – pengajaran Meditasi Transcendental disesuaikan untuk setiap individu yang ingin mempelajarinya.

Setiap orang berbeda satu dengan yang lain, setiap orang mempunyai perbedaan dalam mempelajari sesuatu hal, setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Saat seseorang belajar Meditasi Transcendental, setiap instruksi diberikan berdasarkan pemahaman atas instruksi sebelumnya. Sebuah buku ataupun sebuah CD tidak dapat melakukan hal tersebut.

Pengajaran yang besifat pribadi inilah yang menjamin setiap orang untuk dapat belajar Meditasi Trancendental secara benar dan akan mendapatkan hasil yang maksimum.

Last Updated on Sunday, 13 March 2011 12:02
 

8 Alasan Untuk melakukan Meditasi Transendental

Saturday, 05 March 2011 03:50 Rianto
Print PDF
  1. Meningkatkan fungsi otak.
  2. Meningkatkan kesehatan.
  3. Membuat pikiran menjadi focus.
  4. Meningkatkan kreatifitas.
  5. Meningkatkan ketenangan.
  6. Membuat lebih bahagia.
  7. Meningkatkan hubungan dengan sesama.
  8. Menciptakan perdamaian.
Last Updated on Sunday, 13 March 2011 12:02
 


Page 1 of 2